Cemilan Nikmat Ramah Di Kantong, Yuk Bikin Sempol Tahu Ekonomis

Informasi

Informasi dan Tips-tips

Cemilan Nikmat Ramah Di Kantong, Yuk Coba Bikin Sempol Tahu Ekonomis

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk kumpul keluarga. Quality time yang sederhana bisa tetap bermakna jika dinikmati dengan kebersamaan hangat. Bonding bersama keluarga biasanya lebih dekat dengan menikmati cemilan, begitulah uniknya makanan. Bukan hanya sebagai pengisi perut tetapi bisa mengeratkan kasih sayang dalam keluarga.

Kali ini saya akan berbagi resep cemilan yang murah meriah namun tetap nikmat disantap bersama keluarga. Karena bahan di kulkas yang ada hanya tahu dan kol, saya mencoba mengkreasikan kedua bahan ini dengan bahan tambahan lainnya menjadi cemilan nikmat bercitarasa gurih.

Sempolan atau sempol adalah gorengan yang terbuat dari tepung tapioka. Nama sempol diambil dari tempat jajanan ini berasal yaitu desa Sempol di wilayah Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Sempol banyak jenisnya ada sempol tahu, sempol daging ayam, sempol ikan dan sempol daging sapi jika di daerah asalnya sempol ini merupakan bahan tapioka dicampur bumbu halus. Biasanya sempol ikan dan daging. Baru dililit di tusukan sate dan direbus. Baru digoreng setelah dicelup adonan telur.

Sempol tahu ekonomis, itulah nama menu yang saya buat dari sempol tahu telur. Oke, untuk yang penasaran apa saja bahan dan langkah pembuatannya yuk disimak!

Bahan-bahan:

  • Tahu 3 buah
  • Kol: 1/4 buah iris halus
  • Tepung terigu: 100 gram
  • Tapioka : 50 gram
  • Bawang daun 2 lembar
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Masako : secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah:

Haluskan tahu dengan sendok. Campur kol iris.

Tambahkan tepung terigu dan tapioka sedikit-sedikit. Hingga bisa dibuat kepalan. Kalau di resep asli memakai tusukan sate kali ini saya skip.

Setelah itu celupkan ke adonan tepung terigu encer.

Lalu goreng di minyak terendam

Angkat setelah kecoklatan.

Sempol tahu ini enak banget loh dicocol ke saus tomat atau dengan cabe rawit. Rasanya tetap lembut dan gurih. Jadinya anak yang tidak suka tahu pun dengan Sempol ini dia mau makan tahu.

Mengonsumsi tahu ternyata banyak manfaatnya. Dari mulai kesehatan jantung, meningkatkan kinerja ginjal, mencegah keropos tulang hingga memperbaiki sistem hormon pada wanita.

Semoga Bermanfaat.

Sumber : thread kaskus

Thanks To : id kaskus @zatilmutie

Leave a Reply

Your email address will not be published.