Berbagai Varian Peyek, Sudah Coba Semua? - Homestay & Guesthouse Jogja, Purbalingga, Bandungan dan Tegal Pilihan Keluarga

Informasi

Informasi dan Tips-tips

Berbagai Varian Peyek, Sudah Coba Semua?

Halo, musim hujan cocok untuk ngemil sambil rebahan dan menonton televisi. Ngomongin cemilan memang bikin ngiler. Ada yang suka cemilan empuk, ada juga yang suka cemilan keras. Salah satu jenis cemilan keras yang kriuk-kriuk yakni peyek/rempeyek. Peyek atau rempeyek memiliki beberapa varian yang bisa Anda cicipi. Adapun jenis rempeyek yang ada yakni:

Peyek kacang
Peyek yang satu ini sangat umum dan mudah ditemukan di toko oleh-oleh, karena bahan baku kacang yang masih banyak ditanam oleh petani.

Peyek kedelai ireng
Peyek kedelai hitam (peyek dele ireng) mungkin agak susah ditemukan. Karena petani jarang yang menanam kedelai warna hitam ini. Kedelai hitam biasanya untuk bahan pembuat kecap. Petani lebih sering menanam kedelai yang berwarna hijau yang mudah dalam penjualannya karena sebagai pembuatan tempe atau tahu.

Peyek tumpuk
Rempeyek ini menggunakan toping dari kacang tanah, hanya saja saat menggorengnya bertumpuk-tumpuk, tidak lembaran seperti peyek kacang pada umumnya. Peyek tumpuk bentuknya malah abstrak kayak bulatan gitu, tetapi tetap renyah kok

Peyek undur-undur
Peyek yang satu ini menjadi sangat khas saat berkunjung ke pantai Depok. Di pantai Depok Anda akan disuguhi pemandangan berderet nya rumah makan di sekitar pinggir pantai, yang menjajakan berbagai makanan olahan dari laut. Salah satu olehannya adalah peyek undur-undur.

Peyek gereh
Gereh adalah ikan asin yang berbahan baku dari ikan-ikan kecil di laut. Diawetkan dengan cara dibikin gereh. Agar tidak keasinan saat disantap maka satu cara yang digunakan yakni dibikin peyek gereh. Peyek gereh disajikan dengan nasi putih hangat plus sambel. Wow, nikmat!

Nah, itu tadi beberapa varian peyek. Barangkali ada yang menjadi makanan favorit?

Sumber : Thread Kaskus Klik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *