Belajar Fungsi ISO di dalam Dunia Fotografi - Homestay & Guesthouse Jogja, Purbalingga, Semarang dan Tegal Pilihan Keluarga

Informasi

Informasi dan Tips-tips

Belajar Fungsi ISO di dalam Dunia Fotografi

Apa Itu ISO : Pengertian dan Fungsi ISO Pada Kamera dalam lingkup fotografi ISO adalah istilah yang di gunakan untuk mengukur sesitivitas sensor terhadap cahaya yang masuk pada kamera bila kalian mengunakan angka ISO yang tinggi maka akan semakin sesitivitas pula sensor pada kamera tersebut, dan apa bila kalian memotret menggunakan ISO tinggi di suatu tempat yang gelap maka foto akan terlihat terang.


Singkatan dari ISO yaitu The International Organization for Standardization atau suatu badan yang menentukan standar internasional.


Semakin tinggi nilai pada ISO maka akan semakin sensitive terhadap suatu cahaya jika kalian di suatu tempat yang gelap dan kalian akan memotret suatu benda atau suatu obyek kalian pasti akan menggunakan iso yang tinggi agar foto yang terlihat akan lebih terang akan tetapi jika kalian menggunakan iso yang tinggi maka di dalam sebuah gambar yang kalian ambil akan muncul bintik – bintik yang sering kita sebut dengan NOISE.


Jadi bila kalian menggambil suatu gambar di suatu tempat yang minim cahaya maka semakin tinggi kalian menggunakan ISO maka akan semakin banyak NOISE yang di hasilkan dalam sebuah gambar. Pengaturan ISO itu tidak lepas dari pengaturan Shutter Speed dan Aperture ketiga komponen tersebut pasti selalu berhubungan yang sering kita sebut dengan segitiga Exsposure.


Lalu bagus mana antara memakai ISO tinggi atau ISO rendah yang pastinya itu tergantung dengan kebutuhan kita seperti apa foto yang akan kita buat setiap fotografer pun berbeda beda ada yang menggunakan iso rendah dan ada pula yang menggunakan iso tinggi untuk menghasilkan sebuah noise.


Bukan berarti Noise itu buruk noise juga bisa menambah nilai keunikan terhadap foto itu sendiri dan di Era yang sekarang banyak kamera jika memotret menggunakan iso tinggi maka tidak akan mincul sebuah noise karena kamera juga memiliki karakteristik sendiri sendiri jadi coba kalian memotret dengan kamera kalian sendiri dan pahami pula karakteristiknya

Sumber klik : lensaku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *