unique visitors counter Inilah Cara Praktis Membuat Bean Bag Sendiri yang bisa Kamu Coba

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Inilah Cara Praktis Membuat Bean Bag Sendiri yang bisa Kamu Coba

Inilah Cara Praktis Membuat Bean Bag Sendiri yang bisa Kamu Coba

Buat Bean Bag Sendiri bisa Gak ya ?

 

Homiers ada yang sudah mengenal bean bag??

Bean bag adalah tempat duduk atau sofa yang bentuknya menyerupai karung besar yang empuk. Karena tidak memiliki rangka, sofa bean bag ini sangat nyaman untuk diduduki.

Bagian dalamnya diisi oleh butiran polistiren atau yang dikenal juga dengan styrofoam. Tempat duduk jenis ini cocok diletakkan di ruangan dengan model yang kasual, seperti ruang keluarga atau kamar tidur.

Tidak seperti awal tahun 2000an, kini sangat mudah menemukan bean bag di toko online dan furnitur. Harganya pun bervariatif, mulai dari Rp.300 ribuan sampai Rp.1 jutaan sesuai dengan besar dan material bahannya.

Mudahnya mendapatkan bean bag tak lepas dari cara membuatnya yang. Bahkan, homiers pun bisa membuatnya sendiri hanya dalam waktu kurang dari 30 menit saja.

Untuk membuat, pertama homiers harus menyiapkan dua lembar kain. Ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan homiers. Contoh pola di bawah ini sangat pas untuk anak-anak usia 6 sampai 8 tahun. Ukur kain dengan panjang 115cm dan lebar 82cm.
bean bag

Kalau untuk orang dewasa, panjangnya bisa mencapai 150cm atau bahkan lebih. Untuk jenis kain homiers direkomendasikan untuk memilih polyester, oscar atau kulit.

Karena jenis ini tahan oleh air, anti bakteri dan tidak mudah menyusut. Variasi dua warna kain juga dapat memberi kesan yang ceria.

Bahan kedua adalah isian bean bag yang terdiri dari styrofoam. Bahan isian ini bisa homiers dapatkan di toko-toko konveksi besar dan pusat penjualan bahan handicraft.

Jika cukup telaten, homiers bisa mengumpulkan potongan-potongan styrofoam bekas kemasan peralatan elektronik seperti televisi maupun kulkas dan menyerutnya dengan tangan. Hanya saja, butiran styrofoam ini lebih kecil sehingga akan terasa lebih padat.

Siapkan styrofoam kurang lebih 1 kilogram. Jika ingin menambahkan resleting agar mudah mengisi ulang isian, maka homiers perlu siapkan juga seutas resleting dengan panjang sekitar 55 cm.

Sebagai informasi, isian bean bag akan menyusut sesuai dengan pemakaian ya homiers. Dan terakhir siapkan benang secukupnya dan mesin jahit untuk menjahit.

Langkah-langkah pembuatan
bean bag

Tumpuk kain saling berhadapan, sehingga terlihat bagian dalamnya. Buat pola garis lurus di sisi panjang (115cm), sekitar 1cm dari tepi kain.

Jahit bagian tepi kain sesuai dengan pola yang homiers buat. Kemudian, obras pinggiran kain, agar lebih tahan lama. Usahakan menjahit dengan ukuran spasi paling kecil.
bean bag

Lipat tiap ujung jahitan kain menjadi setengah bagian.
bean bag

Dimulai dari ujung sisi jahitan, ambil jarak sekitar 15 cm dan gunting melengkung keatas.
bean bag

Buka lipatan kain dan hasilnya akan membentuk lengkungan simetris pada salah satu sisinya. Kemudian dijahit
bean bag

Untuk sisi satunya lagi, jahit resleting dengan posisi pas di tengah. Tutup sisa area yang tidak terjangkau oleh resleting.
bean bag

Balik kain dan styrofoam siap untuk diisi penuh ke dalam bean bag.
bean bag

Sofa bean bag homiers siap dipakai! Bean bag ini sangat nyaman diduduki dengan berbagai posisi karena konturnya dapat mengikuti bentuk tubuh, tidak hanya nyaman untuk duduk tapi juga dapat homiers gunakan untuk merebahkan badan.

 

Sumber Artikel : rumah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.