unique visitors counter Inilah 5 Kuliner Jogja Wajib Untuk Dicoba Saat Libur Lebaran

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

Inilah 5 Kuliner Jogja Wajib Untuk Dicoba Saat Libur Lebaran

Inilah 5 Kuliner Jogja Wajib Untuk Dicoba Saat Libur Lebaran

Kuliner jogja- Yogyakarta yang terkenal membumi dan akrab di hati selalu mengundang pelancong dari penjuru Nusantara untuk selalu kembali. Apalagi ditambah reputasi Kota Jogja yang kaya jajanan yang ringan di kantong, acara jalan-jalan makin asyik tentunya.

Buat yang berdomisili di Jogja dan sekitarnya maupun para petualang yang akan mengunjungi kota kesayangan ini, 5 makan di bawah ini sangat recomended untuk di coba saat libur lebaran dan juga bisa di bawa untuk oleh-oleh.

Tunggu apa lagi? Yuk cek daftar di bawah ini dan rancang agenda icip-icip kuliner jogja saat libur lebaran di kota Yogyakarta!

 

  1. GUDEG MANGGAR
    kuliner jogja

    Istimewanya apa sih? Gudeng Manggar ini? Bahan utamanya dari bunga kelapa muda, yang dicampur dengan bumbu lengkap gudeg. Tekstur kasar dari bunga kelapa muda (manggar) itu menyerap bumbu lebih mudah tentunya dengan waktu memasak yang lebih lama dari bahan nangka muda. Rasa manis dan ketumbar yang kuat meninggalkan jejak di lidah homiers.
  2. JADAH TEMPE
    kuliner jogja

Jadah yang berbahan dasar ketan putih, biasanya dipasangkan dengan tempe. Dengan menggunakan.proses memasak tradisional menggunakan kayu bakar maka ketan yg sudah dicampur dengan parutan kelapa dikukus sampai 1.5 jam kemudian diangkat dan ditumbuk.lalu dibentuk. Proses memasak.dengan kayu bakar yang membuat aroma dan rasa jadah tersebut menjadi sangat harum dan lezat.

  1. OSENG-OSENG MERCON
    kuliner jogja

    Kalau tidak suka makanan pedas, jangan coba-coba makan makanan yang membuat ngantuk homiers hilang. Dijamin kipas-kipas mulut, meskipun di santap di ruang AC 16 derajad. Mulut seperti terbakar dan panasnya lama. Karena itu, dengan Nasi Panas, Oseng-oseng Super pedas akan menyengat lidah homiers. Bahan dasar Kikil dan campuran bumbu rempah, juga membuat homiers mengingat pengalaman pertama makan Oseng-oseng Mercon Bu Narti ini.
  2. SATE KHLATAK
    kuliner jogja

    Sate jenis ini sebenarnya sudah lama, namun menjadi naik daun karena Film Ada Apa Dengan Cinta –AADC 2. Karena itu Homiers harus menjajal seberapa pedas dan sengatannya. Cara menikmati sate kambing muda yang berbeda cara memasaknya juga bumbunya. Kalau sate biasanya menggunakan tusuk sate bambu atau lidi, sate khlatak ini.memggunakan jeruji sepeda. Secara proses memasak besi jeruji yg menghantar panas dengan baik ikut berperan mematangkan bagian dalam daging kambing muda.

Taburan garam dan ketumbar menjadi signature di sate Khlatak ini, karena garam akan ikut tergigit bersama dagung sate. Dinikmati dengan nasi panas, disiram kuah gulai. “Wow.. Homiers akan menemukan sensasi yang luar biasa,” sebut Vita sambil menjelaskan Jam Buka Pukul 10.00 sampai dengan jam 00.00 malam. Silakan mampir ke Jl Imogiri Timur.

  1. BAKPIA
    kuliner jogja

Oleh oleh khas Jogyakarta ini bisa menjadi pilihan buah tangan saat mudik melalui kota Jogyakarta. Pilihan saya adalah Bakpia Kurnia Sari di jl. Glagahsari 91 atau 112, Gunung Kidul. Bakpia Kurnia Sari ini texturnya lebih lembut dan cukup tahan lama tanpa merubah kelembutannya.Isi susu dan kacang hijau sangat disarankan. Makanan ini termasuk makanan yang teralkulturisasi oleh China.

Info via : pojoksatu.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.