unique visitors counter Yuk Cobain 10 Tempat Berburu Kuliner di Pasar Ramadhan Jogja Ini

Tips & Informasi Wisata Jogja

Update informasi terus yuk biar lebih kenal wisata jogja

10 Tempat Berburu Kuliner di Pasar Ramadhan Jogja

10 Tempat Berburu Kuliner di Pasar Ramadhan Jogja

Pada bulan Ramadhan, Homiers tentu sudah tidak asing lagi dengan pasar kaget menjelang waktu buka puasa. Tidak hanya berburu takjil, Homiers juga bisa membeli jajanan yang hanya muncul di bulan Ramadhan. Kota Jogja yang sudah terkenal sebagai surga kuliner tentu tidak mau ketinggalan soal ini. Nah, penasaran dimana saja Homiers bisa menemukan pasar Ramadhan Jogja yang murah dan lezat? Inilah 10 tempat berburu kuliner Ramadhan di Jogja yang seru dan unik!

  1. Pasar Tiban Legendaris, Pasar Sore Ramadhan Kauman
    berburu kuliner

Image credit: @sazylam (kiri), @dapurtetangga (kanan)

Pasar Sore Kauman merupakan salah satu pasar Ramadhan Jogja yang melegenda ketika Ramadhan tiba. Sesuai dengan namanya, pasar ini berada di Kampung Kauman yang berdekatan dengan Masjid Gedhe Kauman. Lokasinya juga sangat unik karena berlokasi di suatu gang yang membentuk lorong dengan lebar kurang dari dua meter.

berburu kuliner

Image credit: @gembulfoodie (kiri atas), @dapurtetangga (kiri bawah), @jogjaku (kanan atas dan bawah)

Di sini, Homiers juga bisa menemukan aneka kuliner khas yang hanya bisa ditemukan saat bulan Ramadhan seperti kicak, jadah manten, clorot, sarang gesing, kacang kumbon, lumpur, bubur saren, serabi kocor, dan kipo. Selain makanan ringan yang terjangkau, Homiers juga bisa berburu aneka makanan berat yang unik seperti cap cai (adaptasi cap cai dengan siraman bumbu pecel) serta aneka pepes. Penasaran? Yuk segera berburu ke Pasar Kauman sore ini.

  1. Gempita Pasar Menjelang Berbuka, Pasar Ramadhan Jogokaryan
    berburu kuliner

Image credit: @anwarsani_daqu

Pasar Ramadhan Jogokaryan adalah bagian dari program Kampoeng Ramadhan Masjid Jogokaryan. Sedikit berbeda dari Pasar Kauman, pasar ini tidak hanya menyediakan kue dan makanan basah, tapi juga berbagai macam perlengkapan ibadah seperti mukena dan baju takwa. Tidak ketinggalan juga kue-kue kering untuk persiapan lebaran.
berburu kuliner

Image credit: @foodies.jogja (kiri), @r.nawan (kanan)

Pasar yang digelar setiap tahun ini setidaknya menampung kurang lebih 300 pedagang lokal. Pasar Ramadhan Jogja ini juga sangat ramai dikunjungi baik oleh masyarakat lokal maupun wisatawan dari kota lain. Salah satu jajanan yang wajib Homiers coba adalah pempek bakar.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

  1. Asyiknya Berburu Takjil Sore-Sore, Jalur Gaza Nitikan (Pasar Sore Ramadhan Kampung Nitikan)
    berburu kuliner

Image credit: @pemkotjogja

Yang ini bukan kawasan perang Gaza di Palestina ya, tapi Gaza yang satu ini ada di Nitikan, Jogja. Jalur Gaza merupakan singkatan dari Jajanan, Lauk, Sayur, Gubuk Ashar Zerba Ada. Sesuai dengan namanya, Jalur Gaza menyediakan aneka lauk dan sayur untuk berbuka puasa. Homiers juga bisa menemukan jajanan kekinian seperti takoyaki dan es kepal milo lho.

Bertempat di sepanjang trotoar Jalan Sorogenen, pasar ini tidak pernah sepi selama bulan Ramadhan. Mulai pukul 16.00 WIB, Homiers sudah bisa berburu santapan buka puasa yang nikmat. Hiruk pikuk pengunjung pasar juga semakin terasa dengan adanya iringan live music yang menemani.

  1. Takjil Kuliner Kekinian di Pasar Sore Lembah UGM
    berburu kuliner

Image credit: @tribunjogja

Meski sempat dilarang, pasar sore UGM kembali hadir untuk meningkatkan semangat bulan Ramadhan di kampus Universitas Gadjah Mada. Lokasinya yang strategis membuat pasar Ramadhan Jogja ini menjadi tempat yang tepat bagi masyarakat maupun mahasiswa untuk berburu makanan menjelang buka puasa. Selain murah, makanan yang dijual juga sangat bervariasi, mulai dari makanan tradisional hingga jajanan moderen favorit anak muda Jogja.
berburu kuliner

Image credit: @nia_yistiana (kiri), @streetfoodstories (kanan atas dan bawah)

Pasar ini juga sering dimanfaatkan para mahasiswa untuk mencari tambahan uang saku dengan cara berjualan. Pasar sore ini dibagi menjadi dua area utama, yaitu Jalan Olahraga dan Jalan Notonegoro. Keduanya sama-sama ramai, khususnya saat menjelang waktu berbuka sehingga terkadang menimbulkan kepadatan lalu lintas. Bukan ngabuburit namanya kalau tidak macet-macetan di jalan, betul tidak?

  1. Festival Ramadhan Pakualaman, Gajah Mada Festival

Berlokasi di kawasan Pakualaman, pasar kaget Ramadhan ini digelar sejak tahun 2015. Meski terbilang baru, Gajah Mada Festival banyak menarik pengunjung. Jika Homiers sedang dilanda kemacetan dan ingin berbuka dengan lebih tenang, pasar ini bisa jadi alternatif untuk ngabuburit.
berburu kuliner

Image credit: @gajahmadafestival

Menu favorit yang wajib Homiers buru di sini adalah mie kopyok Jogja yang lezat. Tidak hanya menjual makanan dan pakaian untuk keperluan Ramadhan, di sini Homiers juga akan disuguhi dengan pertunjukan musik nasyid dari masjid di lokasi Pakualaman. Seru sekali bukan?

  1. Ramai dan Serunya Ngabuburit di Pasar Kotagede
    berburu kuliner

Image credit: @em_je2012 (kiri), @dnctf (kanan)

Pasar Kotagede sudah menjadi favorit warga lokal maupun wisatawan yang ingin berburu jajanan khas Jogja sejak dulu. Pada bulan Ramadhan, pasar ini semakin dipadati penjual makanan takjil. Tidak hanya memadati area pasar, para pedagang juga sampai meluber ke area trotoar. Mulai dari es buah sampai roti bakar, Homiers dijamin akan menemui banyak makanan lezat di sini deh.

Tidak hanya beroperasi saat menjelang waktu berbuka, beberapa pedagang juga ada yang memilih berjualan di waktu sahur lho! Untuk Homiers yang berada di Jogja, Homiers tidak perlu khawatir mencari makanan saat sahur tiba karena Pasar Kotagede bisa menjadi tempat yang sempurna.

  1. Bazaar Ramadhan Lapangan Denggung
    berburu kuliner

Image credit: @mamakeisha.kidswear (kiri), @jogjabikinlaper (kanan)

Pasar kaget Ramadhan yang digagas oleh Dinas Pasar Kabupaten Sleman ini bisa jadi sarana alternatif berburu makanan takjil sembari jalan-jalan sore. Lokasinya yang dekat dengan Taman Bermain Denggung menjadikan pasar ini sebagai spot yang tepat untuk berbuka setelah berjalan-jalan.

Aneka makanan dan jajanan yang dijual juga cukup lengkap dan murah. Salah satu yang sudah terkenal adalah Mie Aceh Lapangan Denggung. Pasar ini bisa jadi tempat yang nyaman untuk berburu santapan berbuka khususnya bagi Homiers yang berdomisili di wilayah utara Jogja karena bisa terbebas dari kemacetan kota menjelang waktu berbuka.

  1. Gebyar Ramadhan Plaza XT Square
    berburu kuliner

Image credit: @xtsquarejogja

Jika ingin mengunjungi pasar Ramadhan yang lebih moderen, Homiers bisa mengunjungi Pasar Ramadhan Plaza XT Square. Lokasinya yang berada di pusat kota Jogja bisa jadi nilai plus untuk Homiers yang sedang malas pergi ke pasar tradisional.

Image credit: @kampayojogja

Tidak hanya menjual aneka kuliner, pasar ini juga menjual berbagai macam produk fashion. Suasana pasar pun sangat bersemangat dengan iringan live music. Berbagai macam lomba juga digelar untuk menarik animo masyarakat, seperti lomba mewarnai untuk anak-anak dan juga fashion show. Ingin tahu seperti apa kemeriahannya? Yuk datang ke sini!

  1. Pasar Takjil Alun-Alun Wates

Alun-alun selalu jadi tempat yang pas untuk ngabuburit. Salah satunya adalah Alun-Alun Wates di Kulonprogo. Tidak hanya ngabuburit, Homiers juga bisa berburu aneka takjil sambil menunggu waktu berbuka. Setidaknya terdapat 30 kedai dengan makanan yang siap menggugah seleramu saat berbuka.

Image credit: @aditya_moriska

Tempatnya yang nyaman juga membuat pasar ini diminati banyak pengunjung. Selain itu, Homiers juga bisa menemukan aneka kebutuhan pokok mulai dari beras hingga minyak goreng dengan harga yang murah. Kapan lagi bisa belanja sembako dengan harga murah?

  1. Meriahnya Jajan Takjil di Alun Alun Kidul Yogyakarta

 

Alun-alun Kidul Jogja juga tidak mau ketinggalan menyemarakkan suasana Ramadhan. Namun, Homiers harus ingat untuk tidak datang pada hari pertama dan kedua bulan puasa karena pedagang di sini umumnya tidak berjualan pada kedua hari tersebut.

berburu kuliner

Image credit: @cilok_gajahan (kiri), @piius_eko (kanan)

Di Alun-alun Kidul, Homiers akan menemukan kuliner khas seperti wedang ronde dan aneka minuman hangat. Di samping itu, Homiers juga akan dimanjakan dengan berbagai jenis takjil yang dijajakan di sepanjang trotoar.

Bulan puasa telah menjadi bulan penuh berkah bagi semua kalangan. Dengan adanya pasar kaget Ramadhan yang juga menjadi wisata kuliner dan budaya tersendiri di Indonesia, masyarakat tentu akan dimanjakan dengan menu berbuka puasa yang lezat. Jadi, apa menu berbuHomiers hari ini?

Sumber Artikel via : tripzilla.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *